Minggu, 26 April 2009




Keterangan Foto : TAHBISKAN : Uskup Keuskupan Sibolga Mgr Ludovikus Simanullang OFM Cap saat memberikan Tahbisan Presbiterat (Imamat) atau mentahbiskan Diakon/Frater menjadi Pastor, di Gereja Katolik Kristus Raja Semesta Alam di Jalan P Sidempuan Kecamatan Sarudik Kab Tapanuli Tengah. Foto : TIGOR MANALU

Uskup Keuskupan Sibolga Tahbiskan 8 Diakon/Frater Jadi Pastor
TIGOR MANALU - SIBOLGA
Uskup Keuskupan Sibolga Mgr Ludovikus Simanullang OFM Cap memberikan Tahbisan Presbiterat (Imamat) atau mentahbiskan 8 Diakon/Frater menjadi Pastor, di Gereja Katolik Kristus Raja Semesta Alam, Jalan P Sidempuan, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kemarin.

Kedelapan Diakon/Frater yang ditahbiskan meliputi Projo Keuskupan Sibolga masing - masing Diakon Emanuel Mole Wae asal Paroki Roh Kudus Mataloko Keuskupan Ende, Diakon Rudolfus Supratman asal Paroki St Petrus Colol Keuskupan Ruteng dan Diakon Eduard Aryanto Talu Oly asal Paroki Sang Penebus Waingapu Keuskupan Weetebula Sumba.

Kapusin Provinsi Sibolga masing - masing Frater Yusuf Silaban OFM Cap asal Paroki St Hilarius Tarutung Bolak, Frater Martinus Situmorang OFM Cap asal Paroki St Mikael Tumbajae, Frater Pius Ndruru OFM Cap asal Paroki Maria Ratu Surga Togizita, Frater Dominikus Sibagariang OFM Cap asal Paroki St Hilarius Tarutung Bolak dan dari Keuskupan Pangkal Pinang Diakon Kamilus Bazarotodo Duha asal Paroki St Maria Diangkat ke Surga Teluk Dalam.

Pentahbisan tersebut ditandai dengan misa dan diisi koor serta pengurapan minyak suci yang dilanjutkan pengepalan tangan diatas kepala masing - masing diakon/frater oleh Uskup disusul seluruh pastor yang hadir.

Uskup Keuskupan Sibolga Mgr Ludovikus Simanullang OFM Cap, dalam kotbahnya mengingatkan, agar tetap bersatu dengan Kristus saat menghadapi tantangan dan kesulitan.

“Taat kepadaNya dengan bertindak atas namaNya seperti dilakukan oleh para rasul. Selibat yang kamu hayati dan hidup rohani yang dalam akan membuat persatuanmu dengan Kristus mesra dan mendalam,” katanya seraya menambahkan, kalian dapat mengasihi Kristus lebih dari yang lain dan mengembalakan domba - dombaNya seperti moto pentahbisan “Gembalakanlah kawanan domba Allah yanga ada padamu”.

Tugas pengembalaanmu ialah mengumpulkan orang masuk ke dalam umat Allah dengan memberi pembaptisan, mengampuni dosa orang atas nama Kristus dan gereja di dalam sakramen tobat, menyemangati orang sakit dengan minyak suci, memimpin berbagai upacara liturgi, mengaturkan doa pujian dan permohonan dalam ibadat harian bukan hanya untuk umat Allah saja melainkan untuk seluruh umat manusia.

“Dan ingatlah bahwa untuk inilah kalian dipilih dari antara manusia dan ditetapkan bagi manusia,”tutur Uskup.

Sebelumnya acara pentahbisan diawali penjemputan rombongan Uskup dan Diakon dari Keuskupan Sibolga di Jalan AIS Sibolga, perarakan diiringi drum band SMP Fatima 2 Sibolga disusul barisan diakon/frater yang ditahbiskan didampingi orang tua masing-masing, para pastor dan umat.

Dilanjutkan acara resepsi /ramah tamah dan makan malam bersama dimana pada kesempatan itu para pastor yang baru ditahbiskan diupa - upa dan diulosi oleh panitia didampingi perwakilan umat, penyampaian kata - kata sambutan masing - masing Ketua Panitia B Sitohang, mewakili umat, mewakili orang tua, mewakili pastor dan Uskup diselingi hiburan.

1 komentar:

Hanafi Mohan mengatakan...

mohon diizinkan utk meng-copy gambar di artikel ini utk dimasukkan di postingan blog saya. Berikut ini artikel di blog saya: http://hanafimohan.blogspot.com/2009/11/bertahtakan-dan-ditasbihkan.html